Abstrak Penelitian kuatitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media permainan puzzle huruf terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A. Sampel penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 51 anak A1 dan A2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan statistic parametric t-test dengan rumus Thitung < Ttabel dan hasilnya Thitung ≥ Ttabel yaitu (3,955 ≥ 0,681). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media permainan puzzle huruf terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A. Kata kunci : Kemampuan keaksaraan, media permainan puzzle huruf Abstract This quantitative research aims to study the existence of the effect of alphabet puzzle game media to literacy skill on the children of group A. Sample of the research was students of group A with the amount of 51 children A1 and A2. Data obtained in this research then was analyzed using statistic parametrik t-test with formula T calculated < T table in which this research T calculated > T table (3.955 > 0.681). Based on the commentary, it can be concluded that there is influence of alphabet puzzle game media to literacy skill on the children of group A. Keywords: The ability of literacy, alphabet puzzle game media
Copyrights © 2016