PAUD Teratai
Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN KANTONG ANGKA BAGI KELOMPOK A DI TK KARTINI KECAMATAN GENTENG SURABAYA

RAHMAWATI, AISYAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2017

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui metode permainan kantong angka pada tahun pelajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kartini Kecamatan Genteng Surabaya yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini, pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 60,41% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 44,83% meningkat menjadi 77,08% pada siklus II. Nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 54,69% sedangkan siklus II meningkat menjadi 81,09%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada pemahaman konsep bilangan anak kelompok A di TK Kartini Kecamatan Genteng Surabaya melalui metode permainan kantong angka. Kata kunci: konsep bilangan, permainan, kantong angka Abstract This classroom action research aims to describe the effort to improve the understanding of the concept of numbers through the method of playing pocket of numbers in the academic year 2016-2017. The subject of this research is the children of group A Kartini Kindergarten, Genteng, Surabaya District, which is 16 children. Techniques of collecting data are using observation and documentation while technique of data analysis using descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The results of this research, on the cycle I of teacher activity showed a percentage of 60.41% and then in the cycle II increased to 81.25%. The activity of children in cycle I from 44.83% increased to 77.08% in cycle II. The average value of understanding the concept of numbers in cycle I of development rate obtained a percentage of 54.69% while the cycle II increased to 81.09%. Based on the description above, it can be concluded that there is an increase in understanding of the concept of numbers the children group A in Kartini Kindergarten, Genteng, Surabaya District through the method of pocket numbers.  Keywords: the concept of numbers, game, pocket numbers

Copyrights © 2017