Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENINGKATAN KETERAMPILAN  BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV

AULIA, DINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, perlakuan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tandes Kidul II/ 112 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, menyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian adalah 75,5 sedangkan keterlaksanaan pembelajaran siklus II juga mencapai 100% dengan nilai ketercapaiannya adalah 89,075. Nilai ketuntasan belajar klasikal 78,9% pada siklus I dan 92,1% pada siklus II. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode bermain peran, pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 70,4 dan pada siklus II adalah 76,5. Kendala-kendala yang muncul selama proses pembelajaran dapat teratasi dengan baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tandes Kidul II/ 112 Surabaya. Untuk itu, disarankan kepada guru, sekolah, dan peneliti lain sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. kata kunci: keterampilan berbicara, metode bermain peran, wawancara. Abstract This research applying class action research (CAR) that consist of two cycles. Each cycle consist of four steps, there are planning, implementation of action, observation, and reflection. Subjects of this research were teachers and students of grade 4 SDN Tandes Kidul II/ 112 Surabaya. Data collection techniques using observation techniques, the test results of student learning, and field notes. The instruments of this research was observation paper, test, and field notes. whereas data analiysis techniques using qualitative description. Research results in first cycle  on implementation of learning get 100% with value of achievement 75,5 while the implementation of learning in second cycle  also get 100% with value of achievement 89,075. Mastery learning classical 78,9% in cycle 1 and 92,1% in cycle 2. Learning result of speaking skill by using role-play method in first cycle  obtains an average value 77,55 and in second cycle obtains 84,05. The problem during the learning process can be overcome well. From those results it was concluded that by applying role-play method can increase student’s speaking skill on fourth grade student of SDN Tandes Kidul II/ 112 Surabaya. For that reason, it was recommended to teachers, schools, and other researchers should use teaching methods that appropriate with the subject that will be taught.  Keywords: speaking skills, role-play method, interview.

Copyrights © 2015