Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH METODE SIMAK TULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS CERITA SISWA KELAS I

Ulfa, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan awal yang harus dimiliki siswa sebelum siswa mampu berbicara, membaca, dan menulis. Ada beberapa metode yang dgunakan dalam pembelajaran enyimak, salah satunya adalah metode simak tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode simak tulis dan pengaruh penggunaan metode simak tulis terhadap keterampilan menyimak teks cerita pada siswa kelas I sekolah dasar. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis pre eksperimen dan menggunakan desain Pretest and Posttest Group. Seluruh siswa kelas I SDN Jeruk I Surabaya yang berjumlah 98 siswa merupakan populasi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IB yang berjumlah 33 siswa, sampel dipilih melalui teknik sampel bertujuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas untuk mengetahui kevalidan instrumen tes, uji reliabilitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji validitas terhadap 5 item yang diukur dalam menyimak teks cerita, semuanya valid dengan harga rxy= 0,64; 0,71; 0,41; 0,40; dan 0,87. Pada uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen lembar observasi sebesar 0,9. Hal ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan penggunaan metode simak tulis dinyatakan reliabel karena hasil yang diperoleh mendekati angka 1. Uji reliabilitas tes yang berupa penilaian aspek-aspek keterampilan menyimak reliabel dengan harga r11=0,44. Hasil observasi pada saat penggunaan metode simak tulis adalah 93, hal ini menunjukkan kategori sangat baik dalam keterlaksanaan penggunaan metode simak tulis. Pada uji-t diperoleh thitung = 8,97 dan ttabel = 2,042 pada taraf signifikansi 5% dan ttabel= 2,750 pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel baik dari signifikansi 5% maupun 1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode simak tulis terhadap keterampilan menyimak teks cerita pada siswa kels I SDN Jeruk I Surabaya. Kata Kunci : metode simak tulis, keterampilan menyimak teks cerita   Abstract Listening skill was one of the skills that are taught in primary schools. Listening skill was first skill must be owned by students before were able speaking, reading, and writing. Students were not to write if not preceded listening process. From this, it was needed an innovative learning, it was dictation method. The purpose of  research are to find out using refer write method and effectiveness using dictation method toward listening skill story text for students. The design of this research includes a experiment with pre experiment and using Pretest and Posttest Group. All of the students class I of SDN Jeruk I Surabaya with 98 students were population. The sample of this research were IB class with 33 students, this sample was selected with purposive sample technique. The data collection by using an observation technique and test. Analysis of the data used to determine the validity of that test instrument validity test, reliability test, and t test. The result of this research showed that the validity of the test towards 5 items in the listening skill story text, all of them valid with rxy= 0,64; 0,71; 0,41; 0,40; and 0,87. Reliability of the test of this research showed that instrument observation sheet is 0,9. It showed that using dictation method was reliable because this result near of number 1. Reliability of the test that aspects of listening skill was reliable with r11=0,44. The result of observation in using dictation method is 93, it showed very good category. In t-test result showed that  thitung = 8,97 and ttabel = 2,042 at significance level 5% and ttabel= 2,750 at significance level 1%. Based on the criteria, thitung > ttabel from significance level 5% or 1%. Based on the results, it showed that having significant effects using dictation method towards listening skill story text for class I SDN Jeruk I Surabaya. Keywords: dictation method, listening skill story text 

Copyrights © 2015