Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah
Vol 7, No 2 (2018): Sejarah Dunia dan Peran Tokoh

DARI TRADISIONAL KE MODERN: K.H. HIDAYAT RUHIYAT SIRODJ DAN PESANTREN ALBIDAYAH TAHUN 1971-2011

Ratna Isnaeni Tesdy (Unknown)
Ayi Budi Santosa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi pengaruh kepemimpinan Kiai Haji Yayat Ruhiyat Sirodj terhadap perkembangan pendidikan pondok pesantren. Pesantren Albidayah merupakan pesantren modern yang masih mempertahankan unsur-unsur tradisional. Perkembangan pondok Pesantren Albidayah tidak terlepas dari salah satu tokoh yang pernah memimpin, yaitu Kiai Haji Yayat Ruhiyat Sirodj. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini ialah “bagaimana sistem pendidikan pondok Pesantren Albidayah pada masa Kiai Haji Yayat Ruhiyat Sirodj pada tahun 1971-2011?”. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode historis, yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam pengumpulan data dan sumber penelitian, menggunakan studi literatur dan wawancara terhadap saksi sejarah sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok Pesantren Albidayah di bawah kepemimpinan Kiai Haji Yayat Ruhiyat Sirodj memiliki perkembangan yang signifikan dalam bidang pendidikan. Berawal dari pendidikan pesantren tradisional (salafi) berkembang menjadi pesantren modern (khalafi) dengan menggabungkan pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Perubahan sistem pendidikan pada masa kepemimpinan Kiai Haji Yayat Ruhiyat Sirodj yaitu dengan menjadikan Pesantren Albidayah sebagai lembaga pendidikan resmi di bawah pemerintah dengan mendirikan SP-IAIN (Sekolah Persiapan-Institut Agama Islam Negeri) pada tahun 1971. Kemudian pada tahun 1993 didirikan Madrasah Aliyah (MA) Albidayah dan tahun 2006 didirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Terpadu Albidayah. Kurikulum yang digunakan oleh Pesantren Albidayah yaitu Kurikulum Terpadu yang meliputi Kurikulum Pesantren, Kurikulum Kemendikbud, dan Kurikulum Kementrian Agama

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

factum

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah promotes research in the broad field of history and Education with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from historian, educator, teacher, senior researchers, ...