JOURNAL AGRIBUSINESS
Vol 7, No 1 (2013): AGRIBUSINESS JOURNAL

ANALISIS PERSEPSI, KESADARAN, DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH LOKAL

Siti Rochaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini, yaitu: Mengidentifikasi persepsi konsumen terhadap buah local, Mengukur kesadaran konsumen dalam konsumsi buah local, Mengidentifikasi preferensi konsumen dalam mengonsumsi buah-buahan, Menganalisis hubungan antara persepsi, kesadaran, dan preferensi konsumen terhadap buah-buahan local. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain cross- sectional study, yaitu penelitian yang dilakukan dalam satu waktu tertentu dan tidak  memantau perubahan antarwaktu. Contoh yang digunakan  juga khusus untuk satu kali penelitian dan potret situasi yang dihasilkan hanya pada saat tertentu.  Pengambilan  data dilakukan pada minggu ketiga April 2012. Lokasi penelitian adalah kampus UIN  Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengambilan contoh dilakukan dengan teknik nonprobability sampling, tepatnya purposive  sampling. metode deskripsi korelasional membutuhkan minimal 30  subyek untuk contohnya. Sebanyak 20 contoh lainnya ditambahkan  sebagai  penutup bila terjadi ketidak  lengkapan data pada kuesioner yang diisi, sekaligus untuk  memperbesar peluang data  menyebar  normal. Data yang telah terkumpul diolah melalui proses editing, coding, scoring, entering, dan analyzing. Analisis data dilakukan  secara deskriptif dan inferensia. Persepsi konsumen terhadap buah lokal dinilai berada pada kondisi yang tidak terlalu baik, karena hanya sedikit sekali konsumen yang memiliki nilai persepsi yang  tinggi. Sejalan dengan persepsi,  kesadaran konsumen untuk mengonsumsi buah lokal pun belum tinggi. Ketika persepsi dan kesadaran untuk mengonsumsi buah lokal berada pada nilai yang tidak terlalu baik, dapat diprediksikan bahwa preferensi konsumen terhadap buah lokal pun akan lebih rendah, terutama saat dibandingkan dengan buah-buahan impor. Uji hubungan statistik juga mendukung pernyataan ini. Setelah uji pengaruh dilakukan juga ditemukan bahwa persepsi konsumen memiliki pengaruh nyata terhadap preferensi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

agribusiness

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agribusiness Journal is a biannual and peer review journal published since June 1, 2007 by Study Program of Agribusiness, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Previously it has the name of Jurnal Agribisnis. Since 2017, it has been published with the name of ...