IPTEK Journal of Proceedings Series
No 5 (2018): Seminar Nasional Teknologi dan Perubahan (SEMATEKSOS) 3 2018

Pengembangan Layanan Pusat Karir sebagai Strategi Membentuk Karakter yang Tangguh dalam Membangun Perencanaan Karir Mahasiswa Di Era Revolusi Industry 4.0.

Ni Gusti Made Rai (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Eka Dian Savitri (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Aurelius Ratu (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2018

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan mulia yaitu mencetak generasi tangguh yang berkualitas. Kampus sebagai institusi pendidikan perlu memperhatikan adanya kebutuhan mahasiswa untuk mencapai visi dan misi dari pendidikan. Dalam rangka mempersiapkan diri atas perubahan revolusi industry 4.0 maka pendidikan turut memiliki andil.  Pusat karir sebagai salah satu unit pengelolaan mahasiswa di kampus perlu melakukan peningkatan layanan pengelolaan mahasiswa sebagai langkah pengembangan SDM. Pusat karir memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan SDM di kampus akhirnya perlu meningkatkan layanannya. Tidak terbatas pada persoalan link and match perguruan tinggi dan industri sebagai hilir dari proses pendidikan. Tetapi perlu mendesain layanan yang berfokus pada penyelesaian persoalan mahasiswa hingga memiliki kesejahteraan psikologis yang mantap. Dengan demikian harapannya dimiliki corak karakter mahasiswa yang tangguh yaitu siap menghadapi tantangan sebagai permulaan membangun perencanaan karir yang mantap.  Model pengembangan layanan pusat karir yaitu hingga menyentuh pada kebutuhan kesejahteraan psikologis  yang harus diperhatikan. Fokus pada persoalan akademis dan kognitif mahasiswa merupakan paradigm lama yang harus mulai digeser.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

IPTEK Journal of Proceedings Series publishes is a journal that contains research work presented in conferences organized by Institut Teknologi Sepuluh Nopember. ISSN: 2354-6026. The First publication in 2013 year from all of full paper in International Conference on Aplied Technology, Science, and ...