EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat

Eka Alwiah Haseng (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memuat materi dan tata cara belajar berdasarkan kearifan lokal Sulawesi Barat. Pelaksanaan penelitian pada tahun 2018 dengan jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan memodifikasi model Borg & Gall. Modul disusun berdasarkan modifikasi struktur penyusunan modul oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Instrumen pengumpulan data adalah lembar need assesment, validasi modul, validasi RPP, validasi LKS, observasi aktivitas siswa, respon siswa, tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah pengujian kevalidan modul, analisis proses, uji normalitas, dan paired samples test, dan kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid. Efektif berdasarkan hasil tes belajar pada latihan 1 sangat baik, hasil tes belajar pada latihan 2 diperoleh cukup baik, baik, dan sangat baik, hasil tes kompetensi diperoleh baik dan sangat baik, dan praktis. Jadi, modul Ragam Paragraf Eksposisi dalam Bingkai Budaya Mala’bi’ dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam paragraf eksposisi pada kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...