Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 2, No 1 (2018): Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

STUDENTS DIFFICULTIES IN USING STATISTICS FORMULA TO ANALYZE RESEARCH

Rena Tri Ekawati Oksela (Unknown)
Iyan Irdiyansyah (Unknown)
Atti Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2018

Abstract

ABSTRAKSkripsi yang berjudul Students Difficulties in Using Statistical Formula to Analyze Research Data ditulis untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menggunakan formula statistik beserta penyebabnya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester akhir program studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Sembilan mahasiswa terpilih menjadi responden penelitian. Metode deskriptif digunakan dalam melakukan penelitian ini. Dokumentasi, questionnaire dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa mendapat kesulitan dalam mengkalkulasikan dan menginterpretasikn data penelitian. Hal itu dapat dilihat dari data skripsi mahasiswa. Selain itu, mereka mendapat kesulitan dalam menggunakan koma dalam empat digit number. Sebagai tambahan, mereka juga mendapat kesulitan dalam membandingkan antara r table dan r kalkulasi. Bahkan, ada beberapa penyebab atas kesulitan mereka dalam menggunakan formula statistik untuk menganalisis data penelitian. Pertama dari semua, mahasiswa kurang hati-hati dalam mengkalkulasikan data penelitian. Kedua, mereka jarang membaca buku mengenai statistik dan penelitian. Ketiga, mereka jarang berlatih mengkalkulasikan data penelitian dan jarang bertanya kepada dosen mengenai hal apapun yang mereka tidak pahami.Kata Kunci: kesulitan, formula statistik, data penelitian

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagonal

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on education, teaching, and learning as well as related topics that has neither been ...