Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 10 No 1 (2020): Januari 2020

Analisis Muatan Kajian Gender pada Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi

Nurul Febrianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aim Abdulkarim (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elly Malihah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Susan Fitriasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan kajian gender pada buku teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif melalui tahap, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan analisis data. Sumber data penelitian adalah buku teks Pendidikan Kewarganegaraan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tahun 2016. Unit analisis adalah muatan kajian gender yang terkadung pada BAB yang berhubungan dan berkaitan dengan kajian gender dalam buku tersebut. Hasil penelitian yaitu: (1) Penyusunan buku teks dilihat dari parity gender dapat dikatakan disparity gender karena hanya terdapat tiga orang perempuan dari 12 orang penyusun buku teks. (2) Terdapat pembahasan tidak responsif gender dengan tidak mencantumkan organisasi perempuan dalam pergerakan nasional. (3) Ditemukan beberapa ilustrasi gambar yang bias gender dan mengakibatkan perspektif yang salah tentang gender stereotypes dan gender roles. (4) Masih absennya kajian muatan gender dalam buku teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi yang semestinya hadir bila dilihat sebagai ilmu yang bersifat multifaced.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...