Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 6, No 2 (2019): November 2019

Peningkatan kualitas layanan pos PAUD melalui penyusunan program penguatan Pendidikan karakter berbasis masyarakat

Sri Wahyuni (Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendiidkan, Universitas Negeri Malang)
Eny Nur Aisyah (Jurusan Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Endang Sri Redjeki (Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2019

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat pada layanan lembaga Pos PAUD. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan 30 peserta dari Pos PAUD di Kecamatan Sukun Kota Malang. Pelatihan diselenggarakan dengan metode two in one training, yang memadukan teori dan praktek penyusunan SOP (Standart Operational Procedure), Brand-ing Sekolah, dan identifikasi pelibatan potensi masyarakat. Melalui pelatihan ini pemahaman guru terhadap PPK Berbasis Masyarakat dan PPK Berbasis Budaya Sekolah meningkat, terbukti dari skor pretest 52,4 menjadi 86,2 pada saat post test. Output yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tersusunnya rancangan program PPK berbasis masyarakat dan teridentifikasi lembaga mitra. Setiap lembaga Pos PAUD juga mampu menyusun branding sekolah. Penyelenggaraan pelatihan secara umum dinilai sangat baik oleh peserta dengan skor rata-rata 90,2. Hal ini bermakna bahwa peserta senang mengikuti pelatihan, materi sesuai dengan kebutuhan, metode pelatihan menyenangkan, media yang digunakan sesuai dengan materi, ruangan nyaman dan peserta dilibatkan secara aktif dalam proses. Improving the quality of pos PAUD services through the development of community-based character education program strengthening AbstractThe purpose of this activity is to increase community participation in the services of Pos PAUD institutions. This training activity was held for 2 days with 30 participants from Pos PAUD in Sukun District, Malang City. The training was conducted using the two in one training method, which combines the theory and practice of preparing SOP (Standard Operational Procedure), School Branding, and identification of potential community involvement. Through this training the teacher's understanding of Community Based PPK and School Culture-Based PPK increased, as evidenced by the pretest score of 52.4 to 86.2 at the time of the post-test. The output obtained from this activity is the preparation of community-based PPK program designs and identified partner institutions. Every Pos PAUD institution is also able to compile school branding. The organization of training was generally rated very well by participants with an average score of 90.2. This means that the participants like to attend the training, the material is in accordance with their needs, the training methods are fun, the media is used according to the material, the room is comfortable and participants are actively involved in the process

Copyrights © 2019