Perkembangan teknologi otomotif salah satunya ditandai dengan semakin beragamnya produk kendaraan yang ada di pasaran. Perkembangan ini juga mengarah pada penyempurnaan desain bentuk mobil yang lebih aerodinamis untuk mengurangi gaya gesek udara yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian dilakukan untuk menguji gaya drag dan pengaruh kecepatan angin. Pengujian dilakukan dengan mengukur simpangan drag pada terowongan angin terhadap 4 model yaitu VW Classical Bus, VW Classical Beetle, VW New Beetle dan VW Lupo serta 5 variasi kecepatan dengan 5 kali ulangan untuk setiap variasi pengujian. Hasil pengukuran ini dipakai untuk menghitung gaya drag yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah VW Classical Bus memiliki gaya drag tertinggi diikuti VW, New Beetle, VW Lupo dan VW Classical Beetle dan ada pengaruh kecepatan angin terhadap gaya drag jika diinteraksikan dengan model. Â Kata kunci : Model mobil, Kecepatan angin, wind tunnel, aerodinamis dan gaya drag
Copyrights © 2013