The purpose of this research was to analyze and to know the significant of the correlation between the learning time management and the learning result of fourth grade students at primary school. The research used ex-postfacto correlation design. The technique of the data collecting used a questionnaire (questionnaire) and documentation. The data analysis technique used product moment correlation. The results showed that there is significant correlation between the learning time management and learning result of fourth grade students at primary school. The correlation coefficient was 0.685 which is categorized high. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD , ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,685 tergolong tinggi Kata kunci: manajemen waktu belajar, hasil belajar.
Copyrights © 2019