The purpose of the research was to investigate and learning motivation in the learning process with the learning outcomes. The type of the research was the correlation research with the quantitative approach. The data collection techniques used were observation, questionnaires, and documentation study. The results showed that there was a significant relationship between the activity of students in the learning process and mathematics learning outcomes, which was 0,029. There where a significant relationship between students 'learning motivation and mathematics learning outcomes of 0.289 with low criteria, as well as students' activeness and learning motivation together with mathematics learning outcomes of 0.290 with low criteria.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar, motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar, serta hubungan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,029. Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar matematika sebesar 0,289 dengan kriteria “Rendah”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika kelas tinggi sebesar 0,290 dengan kriteria “Rendah”.Kata kunci : keaktifan, motivasi belajar, hasil belajar matematika.
Copyrights © 2019