Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling

PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 15 JAKARTA

Muhamad Amin (Universitas Negeri Jakarta)
Lara Fridani (Universitas Negeri Jakarta)
Happy Karlina Marjo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan remaja untuk dapat diterima oleh lingkungannya. Salah satunya  adalah yang memiliki kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal menjadi penting  karena pada dasarnya  remaja tidak dapat hidup sendiri.  Banyak kegiatan dalam hidup  terkait dengan orang lain. Remaja yang gagal  mengembangkan kecerdasan interpersonal akan banyak mengalami hambatan dalam dunia sosial. Akibatnya mereka mudah tersisihkan  secara sosial. Penelitian  bertujuan untuk  mendapatkan gambaran kecerdasan interpersonal melalui penerapan pendekatan konseling islami terhadap peserta didik SMA Negeri 15 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan sampel sebanyak 31 peserta didik. Penerapan konseling islami terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala kecerdasan interpersonal (SKI)  yang dikembangkan peneliti  dan terdiri dari 54 butir soal dengan  empat jawaban  pilihan. Indeks reliabilitas  sebesar 0,947  sehingga dapat dikatakan instrumen tersebut reliabel yang selanjutnya dapat digunakan sebagai alat ukur.  Secara umum kecerdasan interpersonal peserta didik 69% pada sempel penelitian  berada pada  katagori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cobaBK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Konseling) is a peer-reviewed open-access scholarly journal managed and published by Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. The journal publishes various researches and literary reviews in the field of ...