لساننا (Lisanuna) : Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya
Vol 5, No 1 (2016): لساننا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya (Januari-Juni 201

KONSEP SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Upaya Meningkatkan Produktivitas, Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran)

Buhori Muslim (UIN AR-RANIRY- BANDA ACEH)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2016

Abstract

Dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi lebih banyak didominasi oleh dosen (teacher center), sehingga aktivitas dan kreativitas mahasiswa terbelenggu dan tidak berkembang. Oleh karena itu harus berubah menjadi proses pembelajaran yang banyak melibatkan mahasiswa (student center), sehingga potensi dan kreativitas mahasiswa dapat berkembang.Untuk itu sangat dituntut munculnya kreativitas untuk merancang strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih kreatif, produktif dan inovatif, yaitu dengan menerapkan scientific approach (pendekatan ilmiah).Pendekatan pembelajaran ini berpengaruh secara langsung terhadap aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa.Proses pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan ilmiah ini menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran ini harus terhindar dari sifat-sifat atau nilai-nilai non-ilmiah. Oleh karena itu, strategi atau model pembelajaran bahasa Arab berbasis ilmiah harus lebih ditekankan pada aspek sikap ilmiah yang dibaringi dengan aktivitas akademik kognitif baik secara individu maupun kolektif, dan pada akhirnya akan mewujudkan suatu keterampilan (skill) yang komprehensif dan profesional. Model pembelajaran bahasa Arab komunikatif-elektif, komunikatif-koperatif,komunikatif-kontekstual,komunikatif-quantum,dan problem solving dapat dijadikan sebagai model utama dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih berkualitas dan dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menguasai dan mengembangkan bahasa Arab secara individual dan kolektif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

lisanuna

Publisher

Subject

Description

Journal Lisanuna: The present this journal is a place for lecturers in the Departement of Arabic Language Education Faculty of Tarbiyah and Teachers and Lecturers of UIN Ar-Raniry Banda Aceh to general channel their ideas the study of Arabic and learning, as well as observers forum and Arabic ...