Psiko-Edukasi
Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi

PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUALPADA ANAK USIA DINI

Maria Claudia Wahyu Trihastuti (Unika Atma Jaya)
Yohanna Claudia Dian Ariani (Unika Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2020

Abstract

Tindakan kasus Kejahatan Seksual pada Anak (KSA)di Indonesia semakin memprihatinkan. Angka kasus KSA dari tahun ke tahun meningkat. Kasus KSA ini kini sudah mulai menyerang anak-anak TK maupun SD. Pada tahun 2014 ini dari laporan kekerasan pada anak yang ditangani komisi perlindungan anak 58 % adalah kasus KSA. Kejadian KSA tidak saja di rumah tetapi di sekolah. Sebagai lembaga pendidikan yang menghasasilkan guru-guru untuk tingkat TK, SD, SMP, dan SLTA kami tergugah untuk terlibat aktif mencegah kejahatan ini. Salah satu tindakan untuk mencegah terjadinya KSA adalah diberikan pengetahuan mengenai tubuhku milikku pada anak usia dini yang merupakan kelompok paling rentan akan KSA. Dengan pemberian pengetahuan sejak dini ini diharapkan anak-anak mampu menjaga tubuhnya dari KSA. Penelitian dilakukan terhadap 30 orang guru dari dua TK berbasis agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 guru (100%) memiliki persepsi yang sangat positif mengenai pendidikan seksualitas siswa usia TK. Guru menilai bahwa orangtua merupakan pihak yang paling bertanggungjawab terhadap pengajaran pendidikan seksualitas bagi anak usia dini. Hasil penelitin juga menunjukkan bahwa topik mengenai anggota tubuh manusia merupakan topik yang penting diberikan kepada siswa TK melalui metode pembelajaran berceritera.

Copyrights © 2013