Edulib
Vol 9, No 2 (2019)

PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER DI PERPUSTAKAAN HUKUM DANIEL S. LEV

Iryanti, Yasmin Salsabila (Unknown)
Rachman, Margareta Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi promosi Perpustakaan Daniel S.Lev melalui Twitter dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi. Dampak perkembangan teknologi yang dirasakan oleh perpustakaan melalui media sosial mempengaruhi promosi yang dilakukan oleh perpustakaan. Maraknya penggunaan media sosial memberikan keuntungan bagi perpustakaan dalam mempromosikan produk perpustakaan. Perpustakaan Daniel S.Lev mempromosikan koleksi, layanan, dan fasilitasnya melalui Twitter. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dari penelitian adalah pustakawan yang berkaitan dengan media sosial Twitter @Danlevlibrary dan objek dari penelitian merupakan media sosial Twitter yang dimanfaatkan oleh Perpustakaan Daniel S.Lev sebagai media promosi perpustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Daniel S.Lev telah menerapkan empat dari enam bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran digital. Selain itu, promosi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi promosi adalah program Pemustaka Aktif yang berhasil meningkatkan jumlah kunjungan di Perpustakaan Daniel S.Lev.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edulib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Edulib, practitioners in the field of LIS focuses on the main problems in the development of the information science, documentation science, library science, archieve, librarianship, and ICT in Library. It covers the theoretical and general aspects of Institutional management of information, ...