Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN

Program Membaca Ekstensif: Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa

Putra, Dondian (Unknown)
Musthafa, Bachrudin (Unknown)
Wirza, Yanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah program membaca ekstensif (extensive reading program) mampu mempromosikan motivasi membaca bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas. Kegiatan extensive reading program (ERP) diadakan selama 10 minggu dengan 30 peserta kelas XI yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dari sekolah menengah atas di Riau. Kuisioner individu fokus kemudian dilakukan untuk semua 30 peserta yang dipilih, sampel penelitian ini dipilih melalui metode purposive sampling. Kriteria sampel adalah siswa yang memilih klub bahasa Inggris untuk kegiatan ekstrakurikuler. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket motivasi membaca sebelum dan sesudah implementasi program membaca ekstensif. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji T berpasangan (Uji T berpasangan) program SPSS 16.0. Temuan mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kuesioner pertama dan kuesioner kedua dari motivasi membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang signifikan tersebut disebabkan oleh implementasi program membaca ekstensif yang telah dilakukan selama 10 minggu.

Copyrights © 2019