Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan
Vol 4, No 3 (2019): Agustus

MODEL ANTRIAN KAPAL PERIKANAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KENDARI

Syarif, Syahdan (Unknown)
Alimina, Naslina (Unknown)
Mustafa, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PPS Kendari selama satu bulan Januari sampai Maret 2018, dengan tujuan untuk mengidentifikasi model antrian kapal perikanan, tingkat utilitas/pemanfaatan pelayanan bongkar muat hasil tangkapan, dan waktu tunggu kapal dalam antrian di PPS Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai melalui pengamatan selama 9 jam meliputi: tingkat kedatangan kapal dan tingkat pelayanan bongkar hasil tangkapan. Variabel yang diamati adalah jumlah kedatangan kapal persatuan waktu, waktu antar kedatangan kapal, jumlah pelayanan persatuan waktu, dan lama pelayanan. Tingkat kedatangan kapal diasumsikan terdistribusi Poisson dan tingkat pelayanan kapal di PPS Kendari diasumsikan terdistribusi Eksponensial. Pengujian tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan kapal menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Identifikasi model antrian kapal, dan perhitungan tingkat utilitas/pemanfaatan fasilitas pelayanan di PPS Kendari dianalisis mengacu pada model dan karakteristik antrian menurut Haluan dkk (2016). Hasil pengujian tingkat kedatangan kapal berdistribusi Poisson. Tingkat pelayanan bongkar hasil tangkapan di PPS Kendari berdistribusi Eksponensial. Hasil pengujian tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan bongkar hasil tangkapan di PPS Kendari dapat di rumuskan sebagai model (M/M/S/I/I). Model ini menyatakan: tingkat kedatangan berdistribusi Poisson (M), tingkat pelayanan berdistribusi Eksponensial (M), jumlah pelayanan lebih dari satu kapal dalam waktu yang bersamaan (S), panjang antrian kapal tidak terhingga (I), dan kapal yang diperbolehkan masuk dalam pelabuhan tidak terhingga (I). Tingkat utilitas/pemanfaatan fasilitas pelayanan di PPS Kendari adalah pelayanan yang optimal. Hal ini ditandai dengan nilai tingkat pelayanan (μ) kapal (5,367/jam) lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedatangan (λ) kapal (1.36/jam). Tetapi tingkat kesibukkan (ρs) pelayanan di PPS Kendari tinggi yakni 4,918 dikarenakan kedatangan kapal yang bersamaan sehingga kapal-kapal tersebut mendapatkan pelayanan yang bersamaan. Walaupun demikian antrian yang terjadi di PPS Kendari tidak ada. Hal ini terlihat pada waktu tunggu kapal yakni 0,023/jam.Kata kunci : PPS Kendari, Model antrian, Pelayanan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMSP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences

Description

Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sumber Daya Perairan. ...