Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Kemampuan Siswa dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Aceh

Raudhatul Jannah (Universitas Syiah Kuala)
Cut Morina Zubainur (Universitas Syiah Kuala)
Syahjuzar Syahjuzar (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika melalui model discovery learning di sebuah sekolah menengah di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix method. Jenis desain penelitian ini menggunakan strategi triangulasi konkuren. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII-4 di SMPN 6 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Adapun yang menjadi sampel yaitu 1 kelompok yang dipilih secara random yang terdiri dari 5 siswa. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan wawancara dengan deskripsi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika melalui model discovery learning berkembang untuk setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama, 5 dari 5 siswa yang diamati sudah memenuhi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika. Pada pertemuan kedua, 5 dari 5 siswa yang diamati belum memenuhi kemampuan mengajukan dugaan, sedangkan 2 dari 5 siswa sudah memenuhi untuk kemampuan melakukan manipulasi matematika. Pada pertemuan ketiga, 5 dari 5 siswa yang diamati sudah memenuhi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika. Kata Kunci: Mengajukan dugaan, Melakukan manipulasi matematika, Discovery learning.

Copyrights © 2020