Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2019): FEBRUARI 2019

PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH

Fuza Simaharani (Unknown)
Bukhari Bukhari (Unknown)
M. Yamin M. Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Kebiasaan membaca perlu diterapkan pada siswa, karena dengan terbentuknya kebiasaan membaca yang baik, maka aspek yang lain akan lebih mudah, baik dalam bentuk menulis, berbicara maupun menyimak. Kebiasaanmembaca memberika dasardala mengikuti pelajaran.Siswa di Sekolah diharapkan dapat membaca beragai ragambacaandandapatberkomunikasidenganasan yguangkan dalam bahasa tulis tersebut. Berbagai keterampilan membaca harus dilatihkan kepada siswa agar kepemilikanketerampilan itu bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari.enelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kebiasaan membaca pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri 51 Banda Aceh,untuk mengetahui hasil belajar pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri 51 Banda Aceh,Untuk mendeskripsikan pengaruh kebiasaan membaca terhadaphasilbelajarBahasaIndonesia Siswa Kelas Iv dan V di SD Negeri 51 Banda Aceh.Pendekatan dalamIV dan60orang. dengadandokumentasii.denganrumussHasilpenelitian ini menunjukkambahwa hasil analisis penelitian, menunjukkan nilai rxy sebesar 0,94. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitungttabel atau 63,67 2,00 maka hipotesis alternatif diterimaHalini menunjukkan bahwa antara variabel X(kebiasaan membaca) dengan variabel Y (hasil belajar bahasa Indonesia) memiliki korelasi yang kuat atau  tinggi. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kebiasaan membaca memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhaap hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah. 

Copyrights © 2019