Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 3 (2019): AGUSTUS 2019

KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SDN 40 BANDA ACEH

Nyan Sati (Unknown)
Adnan Adnan (Unknown)
M. Yamin M. Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Dalam konteks membaca teks deskripsi, hal terpenting adalah kemampuan siswa memahami bacaan melalui pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel  penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa berdasarkan teks bacaan dengan langkah-langkah pembelajaran SQ3R, hasil penelitian dianasis menggunakan rumus persentase.Proses pembelajaran siswa rata-rata memperoleh kategori baik. Kemampuan siswa membaca teks deskripsi menggunakan metode pembelajaran SQ3R secara keseluruhan yaitu 81,66. hasil persentase, peserta didik kemampuan membacanya terdapat nilai sangat baik (86-100) sebanyak  14 siswa (46,66%), siswa yang memperoleh nilai baik (75-85) 10 orang (33,33%), peserta didik  nilai cukup (66-74)  3 siswa (10%), peserta didik pada nilai kurang (66) 3 orang (10%). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R  siswa kelas V SDN 40 Banda Aceh berada pada kategori baik.

Copyrights © 2019