PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT 01 DARUSSALAM BATAM

Silaen, Suryani (Unknown)
Gusmania, Yesi (Unknown)
Hartanto, Suryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa di SMPIT 01 Darussalam Batam terdapat banyak siswa yang belum tuntas dalam mata pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Adapun  Jenis penelitian yang di gunakan peneliti adalah eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII A dan VIII B dengan 2 kelas yang berjumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel dengan  purposive sampling. Dan data di peroleh menggunakan instrumen  lembar pengamatan dengan menggunakan validator dan instrumen tes (Essay). Adapun hasil penelitiannya bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dan ini terlihat oleh aktivitas belajar dari uji hipotesis aktivitas belajar siswa yaitu  (10.303)  (2,007) dengan df = 58 dan dari hasil belajar siswa yaitu (9.846)  (2,007) dengan df = 58. Jadi terdapat pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...