Bio Ilmi: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019): Bioilmi: Jurnal Pendidikan

ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI PALEMBANG

Sulton Nawawi (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang)
Sri Wardhani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang)
Lidya Husnita (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel di SMA Negeri Palembang. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian semua SMA Negeri Palembang, sampel penelitian yaitu SMA Negeri 4 Palembang, SMA Negeri 8 Palembang, SMA Negeri 9 Palembang dan SMA Negeri 19 Palembang. Teknik pengambilan data diambil secara purposive sampling, memilih berdasarkan letak wilayah dan kecamatan. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, kuesioner, observasi, dokumentasi dan tes pilihan ganda (Multiple Choice Test) berjumlah 20 soal berpikir kritis pada materi sel. Teknik pengumpulan data meliputi lembar kuesioner, lembar wawancara, lembar observasi dan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil rata-rata observasi siswa keseluruhan berpikir kritis yaitu SMA Negeri 4 Palembang sebesar 33,45%, SMA Negeri 8 Palembang sebesar 31,91%, SMA Negeri 9 Palembang sebesar 30,38% dan SMA Negeri 19 Palembang sebesar 32,67%. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil nilai tes keterampilan berpikir kritis yaitu SMA Negeri 4 Palembang sebesar 25,95%, SMA Negeri 8 Palembang sebesar 42,55%, SMA Negeri 9 Palembang sebesar 34,20% dan SMA Negeri 19 Palembang sebesar 27,55%. Dari keempat SMA Negeri Palembang diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 32,56% dikategorikan masih tergolong rendah hal ini disebabkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis siswa masih kurang dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOILMI

Publisher

Subject

Education

Description

The issues of these journals include, but not limited to, practices and researches in Biology Education which cover the areas of instruction, learning, teaching methods, pedagogical techniques, curriculum development; programm, syllabus, and materials designs; educational technology, and ...