Metodik Didaktik
Vol 15, No 2 (2020): Metodik Didaktik Januari 2020

ANALISIS KEBUTUHAN SISWA SD TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA LOKAL SUNDA

Suharto, Pipit Prihartanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar sejak enam tahun lalu sudah tidak tercantum lagi dalam kurikulum nasional Indonesia (K-13) yang salah satu alasan penghapusannya adalah bahwa penguatan identitas, budaya, dan bahasa nasional lebih esensial dikembangkan pada jenjang ini. Alasan lain adalah karena kurang tersedianya tenaga pendidik yang kompeten serta buku ajar yang disusun secara terpusat berdasarkan kurikulum nasional yang khusus diperuntukkan bagi sekolah dasar. Namun, kebijakan pemerintah tersebut tidak menghentikan sekolah-sekolah dasar untuk tetap memasukkan Bahasa Inggris ke dalam kurikulum muatan lokalnya. Implikasinya adalah pihak sekolah atau gurulah yang memegang tanggung jawab pengembangan kurikulum Bahasa Inggris untuk pembelajar usia dini.Guna mendukung kebijakan pemerintah namun sekaligus tetap membantu baik pihak sekolah maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris pada usia dini, maka salah satu solusinya adalah mengembangkan materi ajar Bahasa Inggris berbasis budaya lokal (local culture-based EFL teaching materials) yang spesifik atau relevan sesuai konteks (context- specific materials) dimana pembelajar usia dini itu belajar. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Inggris bagi usia dini dan penguatan karakter budaya lokal (dan atau nasional) dapat tetap terlaksana. Untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah analisis kebutuhan pertama-tama perlu dilakukan di sebuah sekolah dasar yang kemudian diharapkan berkontribusi sebagai basis atau inisiasi pengembangan materi ajar yang mengintegrasikan budaya lokal ke dalamnya. Analisis kebutuhan ini menggunakan kerangka analisis yang diadaptasi dari Mayangsari dkk. (2018). Pengumpulan data akan dilakukan melalui survei terhadap siswa kelas V sekolah dasar, interviu individual dengan guru terkait, interviu grup terfokus dengan siswa, serta dokumentasi. Analisis kebutuhan dalam penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di tanah air.

Copyrights © 2020