Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 1, No 2 (2014): Nero

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN DOSEN TETAP YAYASAN DENGAN METODE FUZZY-AHP

I Dewa Made Adi Baskara Joni (Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia Jl Tukad Pakerisan No. 97, Denpasar, Bali)
Anak Agung Gede Bagus Ariana (Program Studi Sistem Komputer, STMIK STIKOM Indonesia Jl Tukad Pakerisan No. 97, Denpasar, Bali)



Article Info

Publish Date
04 May 2016

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di STMIK STIKOM Indonesia adalah pada proses seleksi calon dosen tetap yayasan yang dapat dikatakan tidak efektif. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal seperti desakan untuk memenuhi kuantitas dosen sesuai standar rasio yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI). Akar permasalahannya dikarenakan perkembangan institusi yang setiap tahun terus menambah jumlah mahasiswa dikarenakan animo masyarakat yang tinggi. Dalam penyeleksian calon dosen tetap pihak akademik memberikan beberapa rangkaian penilaian diantaranya tes tulis, micro teaching, wawancara, kualifikasi dan soft skill untuk mengetahui kualitas dan kemampuan calon dosen tetap tersebut. Berdasarkan penilaian terhadap kriteria tersebut membuat seorang pengambil keputusan dihadapkan pada suatu permasalahan yang sulit dan cenderung mengandalkan subjektifitas. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah sistem yang mengadaptasi metode Fuzzy AHP. Fuzzy AHP adalah salah satu metode perankingan. Fuzzy AHP merupakan gabungan metode AHP dengan pendekatan konsep fuzzy. Langkah-langkah dalam menerapkan metode Fuzzy AHP adalah menentukan kriteria yang digunakan sebagai acuan penilaian. Selanjutnya dilakukan penentuan nilai bobot kriteria, perbandingan matriks berpasangan kriteria Fuzzy AHP dan normalisasi bobot vektor fuzzy berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem yang telah dibangun dapat dikatakan bahwa sistem dapat digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan dengan lebih obyektif berdasarkan penilaian kriteria setiap kandidat yang diseleksi. Kata kunci: Sistem pendukung keputusan, kriteria, bobot, seleksi, Fuzzy-AHP

Copyrights © 2014