Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah multimedia interaktif berbahasa Prancis bidang pariwisata (Français du Tourisme). Keterbatasan media pembelajaran dan kesulitan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah tersebut menjadi masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Sesuai dengan hasil analisis kebutuhan mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Français du Tourisme, media pembelajaran yang sesuai dan dibutuhkan adalah multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan metode R&D, sementara pembuatan multimedia menggunakan teori MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan multimedia interaktif Français du Tourisme dan mengetahui kelebihan dan kekurangan multimedia interaktif tersebut. Dari hasil evaluasi, diperoleh kesimpulan bahwa multimedia interaktif Français du Tourisme ini dianggap memuaskan. Kelebihan dari multimedia ini adalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran tambahan pada mata kuliah Français du Tourisme karena di dalamnya terdapat video, teks, latihan, kosakata yang dibutuhkan mahasiswa. Sementara itu, kekurangannya adalah ukuran file yang cukup besar membuat multimedia merespon tidak terlalu cepat.
Copyrights © 2019