IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Vol. 4 No. 1 (2019)

Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D

Salhazan Nasution (Teknik Informatika Universitas Riau)
Arbi Haza Nasution (Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau)
Arif Lukman Hakim (Teknik Informatika Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2019

Abstract

Saat ini video games sudah menjadi hal umum dalam kehidupan masyarakat dunia. Sejalan dengan itu, proses pengembangan sebuah game menjadi lebih baik dengan kemunculan game engine. Salah satu dari sekian banyak game engine yang paling sering digunakan adalah Unity. Unity memberikan berbagai macam fitur, salah satunya adalah kemampuan untuk menggunakan plugin. Hanya saja, Unity sendiri belum memiliki plugin untuk pengembangan game berbasis tile. Tanpa dukungan plugin, pengembangan tile-based game akan memakan waktu sangat lama, karena setiap tile harus diatur ulang masing-masing posisinya pada koordinat x, y, dan z dengan sangat presisi setiap kali tile baru dibuat. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan membuat GUI (Graphical User Interface) pada editor Unity, dengan melakukan ekstensi kelas Editor milik Unity. Dengan melakukan ekstensi kelas tersebut, sebuah sistem menu baru dapat dibuat khusus untuk melakukan level editing pada tile-based game. Dengan menggunakan plugin ini, pengembangan tile-based game dapat menjadi lebih efektif dan efisien, baik dari segi sumber daya, waktu, dan kemudahan pengerjaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ITJRD

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ...