Setiap siswa pada hakekatnya memiliki kemungkinan untuk menghadapi berbagai kesulitan, kendala dan tekanan psikologis dalam menjlaani kehidupan akademik serta tugas-tugas perkembangannya. Problematika berkaitan dengan akademik siswa merupakan bagian tanggung jawab dari layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut tidak hanya bisa diserahkan pada satu bidang kegiatan, akan tetapi merupakan kerjasama yang baik antar komponen pendidikan untuk mencapai tujuan bersama pendidikan. Artikel ini memaparkan bentuk strategi kolaborasi yang dapat dilaksanakan dalam pelayanan bimbingan dan konseling oleh konselor sekolah. Metodologi yang digunakan adalah studi kepustakaan. hasil akhir dari artikel ini memaparkan tentang konsep kerjasama yang baikdalam strategi kolaborasi yang tidak hanya dilakukan dalam internal sekolah saja akan tetapi juga melibatkan berbagai pihak yang memiliki perannya masing-masing. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan kolaboratif.
Copyrights © 2020