Bio Educatio : The Journal of Science and Biology Education
Vol 5, No 1 (2020): Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education)

IMPLEMENTASI MODEL PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Liska Berlian (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Vivi Wahyuningsih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Persentase nilai rata-rata pre-test sebesar 61,5% dan post-test kelas eksperimen sebesar 79,8% berada dalam kategori baik, sedangkan persentase nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 51,6% dan post-test  sebesar 67,7% berada dalam kategori cukup. Hasil uji hipotesis pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α=0,05 diperoleh nilai 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Pair Check, Kognitif, Pencemaran Lingkungan ABSTRACT The aim of this study is to know the effect of Pair Check learning models on students' cognitive abilities on the concept of environmental pollution. This research is a quasy-experimental research using the nonequivalent control group design. The population in this study were all students at grade VII of SMPN 14 Serang City in the academic year 2019/2020. The research sample consisted of two classes, namely class VII B as an experimental class and class VII C as a control class. Data collection techniques in this study used multiple choice objective tests. The percentage of the average pre-test score of 61.5% and the experimental class post-test of 79.8% were in the good category, while the percentage of the pre-test mean value of the control class was 51.6% and the post-test amounted to 67.7% are in the moderate category. The result of hypothesis test about the influence of Pair Check learning models on the cognitive abilities of students on the concept of environmental pollution using the t test at the significance level α = 0.05, obtained a value of 0,000. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an effect of the Pair Check learning model on students' cognitive abilities on the concept of environmental pollution. Keywords: Pair Check, Cognitive, Environmental Pollution

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Bio Educatio merupakan jurnal ilmiah versi online pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka, Jurnal ini memuat penelitian tentang pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi serta keilmuan biologi, yang diterbitkan setiap 6 bulan ...