JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020

POLA HUBUNGAN KERJA SAMA PRODI TADRIS IPS KONSENTRASI SEJARAH DENGAN MADRASAH ALIYAH KOTA PADANG SEBAGAI STAKEHOLDER DENGAN MODEL TWO-WAY COMMUNICATION UNTUK MENINGKATAN MUTU PRODI

Abdi Tanjung (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Suryadi Fajri (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Sermal M.Ag. (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Rusli M.Ag. (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Keberadaan Prodi Tadris IPS Sejarah sebagai salah satu prodi yang ada di tingkat Universitas diharapkan memberikan konstribusi bagi masyarakat khususnya dibidang pendidikan, karena itu prodi mampu menampung aspirasi masyarakat demi terwujudnya perkembangan pendidikan, dengan demikian prodi dapat memberikan pembuktian kepada publik dengan identitas yang melekat padanya, dan mengakar pada masyarakat, dengan memperhatikan ide-ide, menampung, dan merealisasikan aspirasi serta mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah. Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah dalam menjalakan programnya melibatkan stakeholder, sehinga adanya hubungan yang seimbang antara pihak prodi dengan pihak stakeholder. Dalam menjalakan hubungan antara Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah dan stakeholder semenjak berdiri dari tahun 2007 sudah banyak melakukan hubungan kerja sama dengan stakeholder khusunya pihak sekolah Madrasah Aliyah. Bentuk program yang telah dijalankan Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah dengan Madrasah Aliyah Kota Padang dengan menggunakan model two-way communication membawa pengaruh besar dalam menjalin hubungan kerjasama Prodi dengan Madrasah Aliyah Kota Padang, antara lain membentuk MGMP Guru Sejarah Madrasah Aliyah Kota Padang, seminar dan pelatihan guru-guru Madrasah Aliyah dalam pengembangan Kurikulum 2013, FGD tema-tema tertentu bidang pendidikan sejarah, olimpiade sejarah tingkat Madrasah Aliyah, Field Studi dan Study Arsip bersama mahasiswa Prodi Tadris IPS Sejarah dengan Siswa Madrasah Aliyah Kota Padang serta Pembuatan MOU Prodi Tadris IPS Sejarah dengan Madrasah Aliyah Kota Padang. Dengan adanya kerja sama tersebut bermanfaat bagi Madrasah Aliayah Kota Padang dan juga bagi Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...