Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis mindmap terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rubrik penilaian lembar kerja, pretest, dan postest. Analisa data mengunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran problem solving berbasis mindmap mempengaruhi hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji-t dengan nilai postest t hitung > t tabel atau 2,385 > 2,010, sehingga ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Model pembelajaran problem solving berbasis mindmap berpengaruh positif bagi nilai hasil belajar siswa, berdasarkan interval confidence menunjukkan nilai upper 5.416 > nilai lower 0,641, sehingga kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control.
Copyrights © 2020