JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020

THE EFFECT OF PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL BASED MIND MAP TO THE STUDENT’S LEARNING OUTCOMES IN ELEVENTH GRADE OF CLASS IPS AT SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Lisandy Eveline. I (Universitas Negeri Surabaya)
Rindawati . (Universitas Negeri Surabaya)
Muzayanah . (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis mindmap terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rubrik penilaian lembar kerja, pretest, dan postest. Analisa data mengunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran problem solving berbasis mindmap mempengaruhi hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji-t dengan nilai postest t hitung > t tabel atau 2,385 > 2,010, sehingga ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Model pembelajaran problem solving berbasis mindmap berpengaruh positif bagi nilai hasil belajar siswa, berdasarkan interval confidence menunjukkan nilai upper 5.416 > nilai lower 0,641, sehingga kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...