Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2019)

UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU PESERTA DIDIK DI MTs LAKEA

Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Kadir, Surni (Unknown)
Masdul, Muh. Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana peranan dan implikasi pendidikan agama islam Terhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea. Sebagi bentuk perwujudan pendidikan nasional yang bermutu olehkarena harus di barengi dengan pendidikan agama Islam yang sangat perlu ditingkatkan terutama masalah pembentukan akhlak, agar pengetahuan tentang agama dapat seimbang dengan pengetahuan umum yang dimilikinya.Agar siswa dapat bahagia dan selamat dunia dan akhirat. Pendidikan merupakan salah satu bidang garapan yang amat penting dalam pembangunan suatu bangsa, karena pembangunan suatu bangsa yang tidak dibarengi dan diiringi pembangunan akhlak, moral dan etika, maka pembangunan itu tidak akan seimbang, jika pendidikan hanya mementingkan ilmu pengetahuan umum, tanpa diberikan ilmu agama dan penanaman akhlak dalam mebentuk prilaku siswa, maka akan tumbuh generasi bangsa yang pintar dan beri lmu tetapi tidak berprilaku dan berakhlak yang baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan mengambil lima sampel satu sebagai kepala sekolah, dua sebagai guru agama islam, dan dua lagi sebagai seorang siswa. Dengan hasil penelitian (1) sebagai peranan pendidikan agama islam Terhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea, bahwasanya Proses pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak yang tidak hanya memperhatikan aspek kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun juga melalui pendekatan-pendekatan emosional guru kepada setiap individu yang bermasalah atau dinilai kurang baik dalam bertingkah laku menghasilkan efek baik pada mutu akhlak siswa itu sendiri, yakni dengan berkurangnya kasus-kasus penyimpangan perilaku siswa. Moral-moral siswa dalam bertingkah laku semakin tertata karena kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan di sekolah tersebut. Serta didukung dengan adanya aturan-aturan yang diberlakukan untuk menyempurnakan akhlak siswa tersebut.  keefektifitasan pendidikan agama Islam dalam mengentas problem penyimpangan seksual di MTs Lakea. (2) dan sebagai implikasi pendidikan Aqidah AkhlakTerhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea, menggamPendidikan Aqidah Akhlak di sekolah atau madrasah bertujuan untuk menumbuhkan dan menbarkan bahwasanya ingkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi Manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaan, berbangsa dan bernegara. Kata Kunci        :  Upaya, Aqidah Akhlak, Peserta Didik, MTs Lakea

Copyrights © 2019