Dari hasil analisis IE Matrik, PT. XL Axiata Tbk. Sales Area Palu berada pada sel I maka strategi yang digunakan yaitu integrasi vertikal. Pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi vertikal dengan cara mengambil alih fungsi distributor. Ini merupakan strategi utama untuk perusahaan yang memiliki kelemahan yang sangat besar yang lebih besar dari nilai kekuatan, demikian pula dengan faktor eksternal dimana nilai skor dari ancaman lebih besar dari pada nilai skor peluang. Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT) dimana perusahaan mengalami situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Harus segera mencari strategi bertahan (Defensif Strategy). Agar perusahaan bisa bertahan lebih lama. Dari hasil analisis SWOT diketahui nilai S>O yaitu (0,28 > 0,27) untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengambil alih fungsi distributor karena PT. XL Axiata Tbk. Sales Area Palu berada dalam kondisi tingkat kritis, nilai W>O yaitu sebesar (0,33 > 0,27) untuk memaksimalkan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan bagi para karyawan dengan mendatangkan tenaga ahli sebagai instruktur, untuk meningkatkan keahlian karyawan, nilai S
Copyrights © 2019