NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 7, No 1 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH PROGRAM KEGIATAN I-CREATEDI ( KEMANDIRIAN-KREATIVITAS DAN INOVASI) TERHADAP KINERJA BADAN USAHA AMAL NASYIATUL AISYIYAH (BUANA) ( STUDI PIMPINAN DAERAH NASYIATUL AISYIYAH KAB KENDAL –JAWA TENGAH)

Dyah Pikanthi Diwanti (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Suryanto Suryanto (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga)
Sri Iswati (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga)
Tri Siwi Agustina (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga)
Hari Basuki Notobroto (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Tulisan ini memberikan kerangka untuk kewirausahaan organisasi yang ada pada organisasi non profit (sosial kemasyarakatan) yang dihadapi saat ini maupun ke depan. Program I-CreatedI mendukung dalam kewirausahaan organisasi untuk menemukan solusi yang terbukti menjadi kebutuhan organisasi  dan kemajuan  kinerja usaha organisasi. Sumber Daya Manusia sebagai  kunci dari keberlangsungan kewirausahaan organisasi memiliki peran penting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Peneliti mengambil lokasi pada Badan Usaha dan Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) Pimpinan Daerah di Kabupaten Kendal- Jawa Tengah. Hasil  penelitian menunjukan  bahwa 60,9% variabel program  I-CreatedI mampu menjelaskan variabel kinerja BUANA sedangkan 39,1% lainnya dijelaskan oleh variabel di luar program. Adapun faktor di luar program yang berpengaruh terhadap kinerja BUANA pada kewiirausahaan organisasi antara lain: motivasi, perilaku kepemimpinan, dan budaya organisasi yang terbangun. Berdasar hasil terhadap bobot sumbangan efektif  program I-CreatedI bahwa variabel kemandirian memberi kontribusi terbesar sebesar 4,689 , kreativitas sebesar 2,835 sedangkan inovasi berkisar 2,444.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...