Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SEKOLAH DASAR

Windy Lara S. Samosir (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)
Eko Kuntarto (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)
Alirmansyah Alirmansyah (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalammelaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadi. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuandilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif,subjek dari penelitian adalah guru kelas III dan guru kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data padapenelitian adalah dengan menggunakan observasi, wawancara serta didukung dengan adanya dokumentasipelaksanaan pembelajaran Higher Order Thinking Skills. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.55/I Sridadi.Pada penelitian ini uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadisudah cukup baik, mulai dari perencanaan pembelajaran yang dirancang guru yang telah memuat unsurHigher Order Thinking Skills hingga pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari tahap analisis (C4), evaluasi(C5) dan mencipta (C6) berdasarkan hasil penelitian guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran HigherOrder Thinking Skills dengan cukup baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...