JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA PUZZLE STYROFOAM MODIFIKASI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM YANNIRA PADANG

Suryani, Mimi (Unknown)
Wirman, Asdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Salah satu aspek yang penting dalam perkembangan anak usia dini adalah nilai agama dan moral (NAM). Beberapa indikator diantaranya mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah melalui media Puzzle Styrofoam modifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian kelompok B2 dengan jumlah 15 orang anak. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase 26 %. Pada siklus II sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase 83 %. Disimpulkan bahwa media Puzzle Styrofoam Modifikasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di Taman Kanak-kanak Islam Yannira Padang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...