JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK MELALUI PERMAINAN JEMBATAN HURUF DI TAMAN KANAK - KANAK PLUS RIDHOTULLAH PADANG

Merthi, Ruri (Unknown)
Aulia, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Salah satu bagian dari bahasa adalah keaksaraan. Mengenal huruf merupakan bagian dari keaksaraan yang perlu dikembangkan dengan memberi stimulasi secara optimal sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan jembatan huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian kelompok B2 dengan jumlah 15 orang anak. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase 36 %. Pada siklus II sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase 84 %. Disimpulkan bahwa permainan jembatan huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di Taman Kanak-kanak Plus Ridhotullah Padang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...