Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Maret

GAYA BELAJAR DAN MATHEMATICS SELF-CONCEPT TERHADAP MINAT AKADEMIK MAHASISWA

Nita Delima (Universitas Subang)
Yanry Budianingsih (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Gaya belajar dan Mathematics Self-Concept (MSC) dapat menjadi prediktor yang kuat dalam melakukan pilihan terhadap pendidikan dan pekerjaan seseorang. Sementara itu, minat akademik mahasiswa pada program studi yang dipilihnya saat ini mempengaruhi pada pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan MSC terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Gaya belajar yang diteliti dalam penelitian ini adalah gaya belajar Kolb. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen untuk mengukur gaya belajar berupa angket Learning Style Inventory (LSI), serta angket untuk mengukur MSC. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Meskipun demikian, gaya belajar yang telah diukur dalam penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan metode, teknik serta strategi belajar yang cocok untuk setiap mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan MSC terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Hal tersebut memberikan implikasi bahwa MSC dapat menjadi prediktor seseorang dalam memilih pendidikan yang diminatinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...