Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel yang digunakan adalah 24 siswa SMP Bingkai Cendikia Cililin. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa hasil tes siswa berdasarkan instrumen soal pada pokok bahasan statistika yang memuat indikator pencapaian kompetensi; 1) Menentukan median dari data genap; 2) Menentukan nilai rata-rata dari suatu data; 3) Menentukan nilai median dari data ganjil; 4) Menganalisis data; dan 5) Menentukan nilai modus dari suatu data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal statistika berada pada indikator menentukan nilai rata-rata dari suatu data dengan presentase kesalahan 80% dan pada indikator menganalisis suatu data dengan presentase kesalahan 83% yang termasuk kategori tinggi. Faktor penyebabnya adalah siswa belum mampu memahami konsep dasar statistika, mengkomunikasikan permasalahan dengan cara memodelkan matematika, melakukan manipulasi statistic, dan menarik kesimpulan
Copyrights © 2020