Berkomunikasi merupakan suatu kegiatan yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Berkomunikasi membantu manusia dalam membina kerjasama dan hubungan dengan manusia lain. Komunikasi tentunya berperan pula dalam pendidikan matematika, karena dalam pembelajaran matematika menekankan pada pemecahan masalah dan komunikasi matematika. Mengingat pentingnya komunikasi dalam matematika, maka kemampuan komunikasi matematika siswa dalam memecahkan masalah yang ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika harus dipahami oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa SMAN dengan kemampuan matematika tinggi dan rendah dalam memecahkan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah subjek berkemampuan matematika tinggi melakukan komunikasi matematika dengan akurat dan lengkap, baik komunikasi matematika tulis maupun lisan. Sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah melakukan komuikasi matematika cenderung kurang akurat dan tidak lengkap. Berdasarkan uraian di atas, beberapa solusi yang bisa diberikan terhadap permasalahan tersebut adalah siswa sering berlatih dalam menyampaikan apa yang dipahami sehingga kemampuan komunikasi siswa semakin terasah dan berlatih memecahkan latihan soal yang mencakup kehidupan sehari-hari dan memerlukan kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikannya
Copyrights © 2020