Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi atau rendahnya indeks kesukaran tiap butir soal tes berupa uraian materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP Tunas Cendekia Cililin kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 siswa di SMP Tunas Cendekia Cililin, hasil yang diperoleh bahwa persentase terendah dalam indikator setara 33,33% pada butir soal nomor 4 mengidentifikasi hubungan suatu prosedur ke prosedur lain. Maka dari data presentase tersebut disimpulkan bahwa soal nomor 4 dapat dikatakan soal sukar. Sebagian besar kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah tidak pahamnya siswa akan pertanyaan yang diberikan dan pemahaman siswa dalam mengidentifikasi elemen dan konsep yang diketahui dalam soal masih sangat rendah. Seperti terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tes. sehingga proses penyelesaian yang diberikan siswa tidak tepat. selain itu, proses perhitunganpun dilakukan secara tidak benar
Copyrights © 2020