Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP dengan Penggunaan Geogebra

Gagan Aditya Fauzan (IKIP Siliwangi Bandung)
Selvia Agina (IKIP Siliwangi Bandung)
Wahyu Setiawan (IKIP Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk menjabarkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir logis matematik, serta membandingkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal berpikir logis matematik siswa antara kelas dengan penggunaan software GeoGebra dan kelas tanpa penggunaan software GeoGebra dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kersamanah. Dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang valid dan reliabel dengan jumlah 5 soal. Secara keseluruhan kelas eksperimen memperoleh persentase kemampuan berpikir logis sebesar 76,4% dengan klasifikasi baik dan kelas eksperimen yakni 56,8% dengan klasifikasi cukup. Pada kelas eksperimen siswa hanya mengalami kesulitan pada soal nomor 4. Sedangkan kelas kontrol mengalami kesulitan pada soal nomor 2,4, dan 5. Penulis juga menemukan kesulitan siswa baik kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengerjakan soal berbentuk cerita tepatnya pada soal nomor 4 dengan penjabaran fakta berupa cerita yang harus dijabarkan kedalam bentuk persamaan garis singgung lingkaran. Hasil analisis dan deskripsi menunjukan bahwa penggunaan software GeoGebra dalam pembelajaran memberikan dampak baik terhadap kemampuan berpikir logis matematik siswa SMP.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...