Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Beatrix Nian Gupitararas (universitas kristen satya wacana)
Wasitohadi Wasitohadi (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number head together dan Student Teams Achievement Division apakah hasil belajar terdapat peningkatan atau tidak. Dimana untuk model pembelajaran number head together dilakukan dikelas IV A yaitu kelas eksperimen dan untuk model pembelajaran Student Teams Achievement Division dilakukan dikelas IV B yaitu kelas kontrol.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest. Soal pretest dilakukan karena untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah itu baru dikenakan penerapan menggunakan model pembelajaran, kemudian yang ketiga baru diberikan soal posttest soal ini digunakan untuk mengetahui apakah meningkat atau tidak hasil belajar siswa. Data yang diperoleh akan diuji dengan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan bantuan menggunakan aplikasi SPSS 25,0 for windows. Kelas yang dikenai model pembelajaran number head together menghasilkan pemahaman yang leih baik dibandingkan dengan kelas yang di kenai model pembelajaran Student Teams Achievement Division, dari penelitian terdapat juga perbedaan pemahaman dari kelas yang dikenai model number head together dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division, kedua kelas tersebut sama sama kelas yang aktif sehingga mempunyai rasa untuk saling bersaing antar kelompok dalam satu kelasnya. Sehingga setelah melakukan penelitian dapat terlihat dari hasil pengerjaan soal pretest untuk kelas eksperimen 75,33 % sedangkan kelas kontrol 67,73 % dan untuk soal posttest kelas ekperimen mendapatkan 84,52% dan kelas kontrol mendapatkan 74,42%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...