Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Profil Pemecahan Masalah Geometri oleh Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika

Devi Rakhmania Listanti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Helti Lygia Mampouw (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Pemecahan masalah matematika efektif dalam mengekspresikan pengetahuan dan keterampilan matematika siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah geometri oleh siswa berdasarkan perbedaan kemampuan matematika yang ditinjau dari tahapan Polya. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas VIII SMP, masing-masing berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, dibantu pedoman wawancara dan soal Tes Pemecahan Masalah Matematika yang berisi soal cerita geometri tentang aplikasi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi memahami masalah tanpa menyatakannya secara tertulis, sedangkan 2 subjek lainnya menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. Ketiga subjek dapat menceritakan masalah menggunakan bahasanya sendiri. Ketiga subjek merencanakan pemecahan masalah menggunakan konsep perbandingan antara waktu dan jarak tempuh untuk menyatakan posisi, di mana subjek berkemampuan matematika tinggi menggunakan konsep diameter kincir raksasa sedangkan 2 subjek lainnya menyertakan jarak kincir dengan dasar sungai untuk menghitung jari-jari lingkaran. Ketiga subjek melaksanakan rencana berdasarkan data yang ditemukan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian sesuai rencana. Ketiganya melakukan pemeriksaan kembali informasi dan perhitungan pada penyelesaian soal. Subjek berkemampuan matematika tinggi menyelesaikan masalah sesuai kaidah umum sedangkan subjek berkemampuan matematika sedang dan rendah memeriksa kembali hasil penyelesaian namun tidak menyadari kesalahannya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...