Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan

Efektifitas Penerapan Metode Diskusi-Simulasi Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar

Febrian Andi Hidayat (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran diskusi-simulasi berbantuan media animasi terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi pendidikan IPA pada perkuliahan strategi belajar mengajar (SBM) IPA. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa program studi pendidikan IPA semester VI yang mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar (SBM). Instrumen pengambilan data berupa lembar observasi pengamatan yang berisi indikator-indikator keterampilan dasar mengajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t berpasangan (paired-t test sample) dan uji korelasi menggunakan SPSS 21. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan mengajar mahasiswa pada awal pembelajaran SBM adalah 68,27 setelah tiga kali perlakukan nilai rata-rata keterampilan mengajar mahasiswa meningkat menjadi 77,54. Ujian mata kulaih SBM di akhir semester menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi-simulasi berpengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi pendidikan IPA yang dibuktikan dengan nilai uji t dimana nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai korelasi 0,448. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode diskusi-simulasi efektif terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi pendidikan IPA dalam pembelajaran strategi belajar mengajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...