JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi)
Vol 5, No 1 (2020): April 2020

Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa tadris biologi

Nasrul Hakim (Tadris Biologi, FTIK, IAIN Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 15A, Kota Metro (34112), Lampung)
Yudiyanto Yudiyanto (Tadris Biologi, FTIK, IAIN Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 15A, Kota Metro (34112), Lampung)
Pundi Restu Lulul Hakiki (Tadris Biologi, FTIK, IAIN Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 15A, Kota Metro (34112), Lampung)
Siti Soleha (Tadris Biologi, FTIK, IAIN Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 15A, Kota Metro (34112), Lampung)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Keterampilan dasar mengajar sangat menentukan proses dan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris biologi IAIN Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari mahasiswa jurusan Tadris biologi semester V yang sedang menempuh matakuliah strategi pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya diperoleh skor 56,80 masuk kategori kurang terampil, keterampilan menjelaskan diperoleh skor 51,90 masuk kategori kurang terampil, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran diperoleh skor 44,67 masuk kategori kurang terampil, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil diperoleh skor 68,15 masuk kategori cukup terampil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan diperoleh skor 52,70 masuk kategori kurang terampil, keterampilan mengelola kelas diperoleh skor 53,32 masuk kategori kurang terampil, keterampilan memberi penguatan diperoleh skor 65,80 masuk kategori cukup terampil, dan keterampilan mengadakan variasi diperoleh skor 70,45 masuk kategori terampil.Kata kunci: Keterampilan dasar mengajar, guru profesional, mahasiswa biologi Basic teaching skills analysis of tadris biology students. Basic teaching skills determine the learning process and outcomes. This research aims to revealed the level of teaching students basic skills at Tadris Biology IAIN Metro. This study used descriptive qualitative method. This research data source was Biology Department students students in semester V who are taking biology learning strategy courses. The results showed that the questioning skills obtained by a score is 56.80 in the category of less skilled, explaining skills obtained a score is 51.90 in the category of less skilled, learning skills opening and closing obtained a score is 44.67 in the category of less skilled, the skills of guiding the discussion a small group obtained a score is 68.15 in the category of moderately skilled, small group and individual teaching skills obtained a score is 52.70 in the category of less skilled, classroom management skills obtained a score is 53.32 in the category of less skilled, the skill of giving reinforcement was obtained a score is 65.80 in the category of skilled enough, while the skills to hold variations obtained scores is 70.45 in the skilled category.Keywords: Basic teaching skills, professional teacher, biology students

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBIO

Publisher

Subject

Education

Description

JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan biologi, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun ...