Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BCCT BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Maharani Ramadhanti (Unknown)
Erna Retna Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences dalam mengembangkan karakter siswa Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu kepada paradigma naturalistik alamiah yang bersumber pada pandangan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan pengumpulan berbagai dokumen terkait dengan menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan dan angket. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, orangtua dan siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Asy Syukriah Tangerang Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran BCCT Berbasis multiple intelligences pada siswa sekolah dasar dikembangkan berdasarkan delapan kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial, musical, kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan naturalis sedangkan karakter yang dibangun adalah karakter religiusitas, mandiri, integritas dan gototng royong

Copyrights © 2020