JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Kajian Teknik Mesin

Pengaruh Berat Roller Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul 110 Cc Yang Menggunakan Jenis Transmisi Otomatis (CVT)

Yos Nofendri ((Scopus ID : 57210232429) Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)
Evan Christian (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Dunia otomotif yang semakin berkembang menuntut perubahan agar alat transportasi lebih baik, tidak hanya pada mesinnya yang irit bahan bakar melainkan juga pada tingkat kenyamanan dalam berkendaraan. Salah satunya adalah perubahan pada sistem transmisi. Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja dan pengaruh variasi berat roller CVT (Continuously Varible Transmission) terhadap sepeda motor Yamaha Mio Soul 110 cc. Proses penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini melakukan pengujian variasi berat roller menggunakan ukuran 7 gram , 10,5 gram dan 13 gram. Setelah dilakukan penggantian roller diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari motor bakar 4 langkah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan menahan throttle pada 3000 rpm, setelah stabil kemudian throttle diputar secara perlahan dengan interval 1000 rpm hingga 7000 rpm. Dari hasil analisis pengukuran untuk hasil pengujian variasi roller, jika menggunakan roller yang beratnya 13 gram maka meningkatkan prestasi mesin yaitu torsi 3,2 (Nm) dan mendapatkan daya yang maksimal sebesar 2,34 (kW) pada putaran mesin 7000 rpm, bahan bakar spesifik terbilang irit hanya 0,772 (kg/kWh) dan efisiensi thermal 10,41 (%). Hal ini terjadi karena berat roller mempengaruhi gaya sentrifugal pada pulley primer sehingga semakin berat roller maka mesin pada putaran tinggi ,akan semakin kuat menjepit sabuk V belt. sehingga pada putaran tinggi untuk mentransfer torsi dan daya ke roda belakang lebih besar.Kata Kunci :Performa, Transmisi, CVT, Variasi RollerThe growing automotive world is demanding changes so that transportation is better, not only in the fuel-efficient engine but also in the level of comfort in driving. One of them is a change in the transmission system. The purpose of this final project research is to determine the working principle and the effect of variations in the weight of the CVT (Continuously Variable Transmission) roller on the 110cc Yamaha Mio Soul motorcycle.This research process uses an experimental method. This study tested the variation of roller weight using a size of 7 grams, 10.5 grams and 13 grams. After changing the roller, it is expected to improve the performance of the 4 stroke combustion motor. The research method used is an experimental method by holding the throttle at 3000 rpm, after it is stable then the throttle is rotated slowly at intervals of 1000 rpm to 7000 rpm. From the results of measurement analysis for the results of roller variation testing, if using a roller that weighs 13 grams increases engine performance ie torque of 3.2 (Nm) and gets maximum power of 2.34 (kW) at 7000 rpm engine speed, specific fuel relatively economical only 0.772 (kg/kWh) and thermal efficiency 10.41 (%). This happens because the weight of the roller affects the centrifugal force on the primary pulley so that the heavier the roller, the machine at high speed, the stronger the V belt belt will be clamped. so at high speed to transfer greater torque and power to the rear wheels. Keywords: Performance, Transmission, CVT, Roller Variations.

Copyrights © 2020